Cara Belanja Hemat Untuk Ibu Rumah Tangga

Spread the love

Belanja menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh para ibu rumah tangga. Pasalnya kebiasaan dari tradisi yang dianut oleh masyarakat kita adalah bahwa semua uang dipegang istri. Mungkin jika ada para suami yang mampir ke blog ini akan senyum kecut tapi itu memang faktanya.

Tips Belanja Hemat Untuk Ibu Rumah Tangga

Nah untuk itu tak jarang dari para ibu rumah tangga yang sering merasa kelimpungan jika keadaan ekonomi sedang tidak terlalu baik sedangkan kebutuhan terus membumbung banyak. Pasti banyak dari kamu yang merasa menjerit dalam kantong.

Tapi tenang saja, karena kami akan membagikan tips mengenai cara belanja hemat bagi para ibu rumah tangga yang pastinya akan sangat membantu kamu dalam berbelanja dan ending apiknya kamu jadi makin disayang sama suami karena bisa berhemat.

  1. Menentukan anggaran yang digunakan untuk belanja selama satu bulan

Menentukan anggaran yang sesuai dengan kebutuhan sangat dianjurkan. Pasalnya banyak dari ibu rumah tangga yang terjebak dengan tawaran menggiurkan yang diberi oleh toko tempat belanja baik secara offline maupun toko online.

Sangat baik bila kamu bisa bersikap bijak dengan cara menentukan anggaran yang disesuaikan dengan kebutuhan agar pengeluarannya dapat terkontrol dengan baik.

  1. Analisis terkait kebutuhan dan keinginan

Kebutuhan dan keinginan itu sangat bertolak belang. Biar kamu lebih jelas mengenai perbedaan dan kebutuhan yuk baca ulasan yang bisa kalian simak di bawah ini.

  1. Kebutuhan

Kebutuhan adalah hal-hal yang dibutuhkan untuk segera dipenuhi, apabila tidak maka akan mengganggu keberlangsungan hidup seseorang. Kebutuhan sendiri di bagi menjadi tiga jenis yaitu:

  • Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer adalah sebuah kebutuhan yang wajib dipenuhi karena ini akan sangat menentukan kelangsungan hidup kamu.

Pasti kamu di bangku sekolah pernah mempelajari jenis kebutuhan ini. Oh iya, kebutuhan ini juga bisa kita kenal dengan istilah kebutuhan pokok ataupun kebutuhan utama.

Contoh dari kebutuhan ini itu seperti keperluan makan, minum dan pakaian. Tiga hal tersebut dinilai sangat mutlak dan wajib untuk dipenuhi.

  • Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder itu bisa kita sebut dengan istilah yang lebih ringan seperti kebutuhan nomor dua begitu. Maksudnya bagaimana? Maksudnya kebutuhan sekunder itu kebutuhan yang tidak terlalu wajib untuk kita penuhi alias jika kamu mampu ya lengkapi kebutuhannya jika tidak mampu kamu tidak harus memenuhinya.

Biasanya kebutuhan seperti ini akan ada jika kamu dinilai sudah cukup bisa memenuhi kebutuhan primer.

Contoh dari kebutuhan ini itu misalkan kamu sudah bisa membeli makan tiga kali sehari katakanlah tetapi kamu ingin membeli makan dengan lauk yang enak, atau ingin makan yang lebih banyak misal empat kali dalam sehari, seperti itu.

Intinya kebutuhan ini itu ditentukan dengan keadaan ekonomi kalian masing-masing, karena jika tidak kamu akan menjadi boros dan alhasil kamu jadi tidak bisa menabung untuk masa depan.

  • Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier atau lebih sederhananya kita sebut sebagai kebutuhan ketiga. Nah untuk jenis kebutuhan ini sifatnya mewah. Biasanya orang-orang yang memenuhi kebutuhan ini adalah mereka yang memiliki tingkat ekonomi di atas rata-rata alias tajir.

Sebenarnya tidak harus tajir karena pada dasarnya kata mewah itu sifatnya subjektif bukan objektif. Mewah di kamu belum tentu mewah di dia seperti itu analoginya.

Contoh dari kebutuhan ini misalkan kamu bisa membeli makan tiga kali sehari dengan lauk yang enak, tetapi karena kamu tergolong kaum milenial yang Instagramable kamu pilih buat makan di tempat tongkrongan yang bisa digunakan untuk berswafoto.

Sampai di sini paham kan penjelasan Mimin mengenai kebutuhan tersier? Intinya itu kebutuhan tersier kebutuhan yang sama sekali tidak harus dipenuhi.

  1. Keinginan

Keinginan itu sebenarnya memiliki definisi yang sama dengan kebutuhan tersier tetapi memiliki perbedaan.

Kebutuhan tersier itu kebutuhan yang sifatnya mewah sedangkan keinginan adalah sesuatu yang tidak perlu kamu penuhi karena tidak akan memengaruhi keberlangsungan hidup kamu.

  1. List belanjaan

Point yang ini pastikan kamu jangan sampai lupa ketika akan belanja entah itu ke pasar ataupun ke toko swalayan. Membuat list belanjaan sangat penting karena ketika kita sedang berbelanja banyak hal yang kita lihat.

Secara psikologi persuasif manusia memiliki kecenderungan untuk membeli barang atau menyukai sesuatu yang terlihat indah. Makanya kamu jangan sampai terkecoh ya ketika di swalayan untuk rak-rak bagian depan biasanya diisi dengan produk yang memiliki jenis kemasan menawan.

  1. Menabunglah secara rutin

Menabung menjadi hal yang harus kamu lakukan. Biasakan kegiatan menabung menjadi karakter yang melekat pada dompetmu. Misal kamu sudah belanja kebetulan uangnya lebih dari perkiraan yang sebelumnya segeralah untuk ditabung jangan sampai dipakai untuk membeli barang yang kurang berfaedah.

Bagaimana dengan beberapa tips di atas untuk kamu yang bertugas sebagai menteri keuangan dalam keluarga? Semoga ini bisa membantu kamu ya.